0

Sistem Informasi Penjualan Barang pada Toko HP

Posted by nurc nury on 20.44 in

Postingan saya kali ini adalah rancangan DFD.
Diagram Alir Data (DAD) atau Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas.
Penjelasan Simbol-simbol dari DFD diatas adalah :
 a). Terminator
Terminator dapat berupa orang, sekelompok orang, organisasi, departemen di dalam organisasi, atau perusahaan yang sama tetapi di luar kendali sistem yang sedang dibuat modelnya. Terminator dapat juga berupa departemen, divisi atau sistem di luar sistem yang berkomunikasi dengan sistem yang sedang dikembangkan.
Entitas Luar (external Entity) 
Notasi terminator/Kesatuan Luar di DFD
b). Arus Data 
Arus data (data flow) di DFD diberi simbol suatu panah. Arus data ini mengalir diantara proses (Process), simpanan data (data store) dan kesatuan luar (external entity). Arus data ini menunjukkan arus data yang dapat berupa masukkan untuk sistem atau hasil dari proses sistem.
Notasi Arus Data di DFD
 c). Prosess
Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin, atau komputer dan hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dilakukan arus data yang akan keluar dari prises. Suatu proses dapat ditunjukkan dengan simbol lingkaran atau dengan simbol empat persegi panjang tegak dengan sudut-sudutnya tumpul.
Notasi Proses di DFD
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang proses :
  • Proses harus memiliki input dan output.
  • Proses dapat dihubungkan dengan komponen terminator, data store atau proses melalui alur data.
  • Sistem/bagian/divisi/departemen yang sedang dianalisis oleh profesional sistem digambarkan dengan komponen proses.
Alur dari gambar DFD diatas adalah :
Pembeli datang ke toko dan melakukan pembelian serta pembayaran barang, pembeli mendapatkan informasi tentang harga barang,  setelah melakukan pembayaran pembeli menerima barang dan bukti pembayaran. Dari S.I pegawai mendapat informasikan harga dan stok barang, dan kemudian hasilnya pegawai menyusun data transaksi harian dan data stok barang. Selanjutnya kita bisa membeli, memesan barang dan melakukan pembayaran kepada pemasok dan pemasok memberikan bukti pembayaran, data barang serta data suplyer. Kemudian Manager menyusun laporan keuangan dan laporan stok barang. Selanjutnya laporan keuangan itu diterima dan diperiksa oleh Pimpinan.






0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Politeknik Indonesia Madiun All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.